You are currently viewing Mengenali Sandblasting: Manfaat, Jenis dan Metode Kerjanya

Mengenali Sandblasting: Manfaat, Jenis dan Metode Kerjanya

kuran Pusing memikirkan karat yang muncul pada permukaan furniture atau konstruksi berbahan metal? Tidak cukup hanya menggunakan cuka karena sandblasting adalah solusinya. 

Bukan hal yang mudah bagi Sobat Bio untuk menghilangkan karat di furniture dengan cuka. Butuh waktu lama dan banyak cuka untuk melakukannya. 

Berbeda dengan sandblasting yang mampu menghilangkan karat dalam waktu singkat. Hal ini menjadikan sandblasting teknik yang sangat efektif. Seperti apa jelasnya teknik ini bisa Anda simak terlebih dahulu. 

Mengenal apa itu sandblasting 

Pengertian sandblasting adalah proses pembersihan dengan menyemprotkan partikel ke permukaan material. Partikel yang dimaksud biasanya adalah pasir silica yang berfungsi untuk menciptakan gesekan. 

Berkat gesekan yang terjadi inilah karat pada permukaan logam dapat dibersihkan tanpa repot lagi menggunakan cuka dan mengamplas. 

Bukan hanya karat yang hilang namun juga debu dan kotoran yang menempel pada permukaan besi. Jenis partikel pasir yang digunakan pun sangat beragam mulai dari pasir silika, garnet, steel shot, glass bead dan masih banyak lagi. 

Partikel yang dipilih harus memiliki karakter keras dan juga kasar sehingga mampu menciptakan gesekan yang berfungsi untuk mengikis. 

Selama melakukan sandblasting permukaan material logam yang akan dibersihkan menjadi tolak ukur dari ukuran pasir dan juga tekanan sandblasting. 

Semakin keras permukaan maka diperlukan partikel yang keras pula dan tekanan yang tinggi. Kebanyakan teknik sandblasting digunakan pada industri minyak, gas, otomotif dan lainnya.  

Pentingnya sandblasting sebelum melakukan pengecatan ulang

Berdasarkan dari pengertiannya, manfaat utama dari sandblasting adalah untuk menghilangkan karat pada permukaan logam. Nyatanya manfaat yang diberikan lebih dari itu seperti:

1. Membersihkan material dari kontaminan

Bukan hanya karat saja yang mengganggu penampilan dari furniture logam atau olahan logam lainnya. Minyak, cat, garam atau kotoran lain seperti jamur yang melekat merupakan kontaminan yang perlu dibersihkan. 

Sandblasting akan bekerja membersihkan kontaminan yang menempel pada permukaan material logam dengan sempurna. 

2. Menghilangkan cat lama

Beberapa furniture besi atau logam yang lama seringkali memiliki lapisan cat yang ingin diganti. Penggantian cat ini apalagi sudah tampak mengelupas akan lebih cepat menggunakan teknik sandblasting. 

Anda tidak perlu lagi menggunakan paint remover atau mengamplas. Sekali menyemprotkan saja cat akan benar-benar hilang. 

3. Memudahkan cat meresap di material 

Manfaat lainnya adalah untuk menciptakan pori-pori pada material logam sehingga akan lebih mudah untuk dicat. Seperti yang diketahui bahwa logam memiliki tipe permukaan yang rata tidak berpori. 

Layaknya pengamplasan, adanya gesekan pada material dengan sandblasting mampu menciptakan pori. Inilah yang membangun tingkat kerekatan pada cat. 

Metode kerja sandblasting 

Secara umum metode kerja sandblasting dibagi menjadi dua yang sama-sama harus dilakukan oleh ahlinya. Penyemprotan tidak dilakukan secara asal karena akan mempengaruhi bersih tidaknya permukaan material. 

Risiko yang kerusakan juga tinggi jika tidak dilakukan dengan benar. Berikut ini dua metode kerja yang masih terus digunakan:

1. Dry sandblasting 

Metode yang pertama ini biasa digunakan untuk metal, besi atau logam lain yang tidak berpotensi untuk menimbulkan percikan api. Pasalnya ketika penyemprotan risiko terbakar akan lebih tinggi. 

Kebanyakan jenis logam yang membutuhkan dry sandblasting antara lain bodi kapal laut, bodi mobil, tiang pancang dan lain-lain. 

2. Wet sandblasting 

Khusus untuk metode kerja ini dipilih untuk material logam yang memiliki risiko kebakaran lebih tinggi. Contohnya pada bagian tangki bahan bakar, tangki penampungan di kilang minyak atau pom bensin. 

Disebut dengan wet sandblasting karena partikel telah dicampur dengan bahan kimia cair khusus sebelum disemprotkan. Hasilnya pun dapat meminimalisir kebakaran terjadi. 

Jenis-jenis sandblasting berdasarkan bahan dasarnya 

Seperti yang telah dijelaskan bahwa partikel yang disemprotkan untuk menciptakan gesekan ada bervariasi. Masing-masing varian akan dipilih sesuai dengan kebutuhan. 

Berikut ini jenis-jenis sandblasting sesuai dengan bahan dasar atau partikel yang digunakan. 

1. Silica sandblasting 

Jenis partikel yang digunakan paling sering yaitu pasir biasa yang fungsinya untuk mengikis permukaan material layaknya pengamplasan. Pasir dipilih karena efektif menghilangkan kotoran pada permukaan logam sehingga lebih bersih. 

Sayangnya kekurangan dari partikel ini adalah kurang baik untuk pernapasan. Oleh karena itu penggunaannya saat ini sudah mulai tergeser. 

2. Steel grit blasting 

Sesuai dengan namanya, partikel yang digunakan untuk sandblasting adalah berupa baja bulat. Teknik ini tidak hanya efektif menghilangkan kotoran tetapi juga karat di besi. 

Kelebihan dari partikel ini adalah dapat menciptakan permukaan logam yang lebih halus dan kuat. Jenis partikel yang paling kerap digunakan adalah aluminium silicon carbide serta kulit kacang kenari. 

3. Soda sandblasting 

Masih termasuk jenis sandblasting hanya saja tidak melibatkan partikel seperti pasir melainkan soda. Layaknya cuka, soda juga efektif untuk membersihkan permukaan namun tanpa kerusakan sehingga hasilnya halus. 

Hanya saja jenis ini akan berlaku untuk jenis logam yang tergolong lunak. Jenis soda yang digunakan adalah natrium bikarbonat yang akan disemprotkan ke permukaan dengan kompresi udara. 

4. Bristle blasting 

Jenis yang selanjutnya adalah memanfaatkan bristle atau sikat kawat bukan partikel. Sikat kawat akan diputar-putar untuk menciptakan kehalusan pada permukaan material. 

Teknik ini sangat efektif untuk membersihkan kotoran serta sisa cat yang masih menempel. Goresan yang diciptakan oleh sikat kawat juga efektif untuk meningkatkan kerekatan cat nantinya. 

5. Bead blasting 

Partikel yang digunakan adalah manik-manik kaca yang akan didorong dengan alat bertekanan udara tinggi. Manik-manik kaca yang digunakan pun berkualitas dan tidak mudah pecah. 

Bukan untuk menghilangkan kotoran, biasanya teknik ini akan digunakan untuk menghaluskan permukaan besi. Tujuan utamanya adalah untuk mempersiapkan logam sebelum pengecatan berlangsung. 

Faktor yang mempengaruhi keberhasilan sandblasting 

Apapun metode dan partikel yang digunakan, keberhasilan dari sandblasting dipengaruhi oleh beberapa hal. Berikut ini faktor-faktor yang perlu diperhatikan:

1. Ukuran partikel 

Besar kecilnya partikel akan mempengaruhi sejauh mana profil atau goresan pada permukaan logam akan diciptakan. Hal ini juga yang mempengaruhi tujuan sandblasting. 

Partikel yang memiliki butiran kecil maka mampu menciptakan goresan-goresan halus yang bahkan tidak kasat mata. Ukuran yang besar juga akan menciptakan goresan besar pula. 

2. Sudut 

Sudut penyemprotan yang dimaksud adalah antara permukaan logam atau objek dengan nozzle. Untuk ukuran sudut yang normal untuk digunakan adalah 60 hingga 120 derajat. 

Semakin besar sudut yang diciptakan maka akan lebih luas pula gesekan yang dihasilkan. Contohnya saja untuk sudut 90 derajat maka gesekan yang dihasilkan akan sangat tinggi. 

3. Tekanan

Tinggi rendahnya tekanan saat menyemprot akan memberikan pengaruh pada daya abrasif. Semakin tinggi tekanan maka daya abrasif akan lebih tinggi pula. 

Misalnya saja pada tekanan kompresor 6 bar selama 20 detik, hasilnya sandblasting akan lebih cepat selesai. Tekanan 6 bar merupakan salah satu tekanan tertinggi yang dapat diberikan.  

4. Jarak 

Selain sudut, jarak penyemprotan juga memberikan pengaruh. Jarak yang dimaksud adalah ukuran panjang antara nozzle dengan permukaan logam. 

Jarak yang dinilai mampu memberikan penyemprotan terbaik adalah 25 cm. Selama menggunakan jarak ini maka kecepatan pengelupasan atau pembersihan akan semakin meningkat.  

5. Waktu 

Lama tidaknya penyemprotan juga akan memberi pengaruh pada permukaan logam. Ketika penyemprotan dilakukan lebih lama maka hasilnya permukaan akan semakin kasar. Oleh karena itu lama waktu ini harus diperhatikan. 

Rata-rata waktu yang dibutuhkan agar permukaan logam bersih tanpa mengalami kerusakan adalah 40-80 detik untuk satu luas penyemprotan. Ada baiknya untuk mengukur waktu ini ketika sedang bekerja.

Sandblasting adalah metode yang diperlukan untuk menghilangkan karat, kotoran dan cat lama pada permukaan logam. Berkat teknik ini pengecatan kembali bisa lebih sempurna. 

Pilihan cat besi anti karat yang tepat untuk proyek refinishing alat berat

Cat yang baru akan menempel dengan baik sehingga tampilan logam seperti besi bisa indah kembali. Pertimbangkan juga untuk menggunakan cat berkualitas untuk pengecatan ulang furniture besi di rumah. 

Anda bisa memilih cat Orchid enamel yang akan memberikan tampilan warna solid pada besi, tahan lama dan aplikasi mudah karena hanya perlu air sebagai bahan pelarut. Tinggal pilih warna saja mana cat Orchid enamel yang diperlukan. 

Konsultasi pewarna cat solid

Leave a Reply