You are currently viewing 8 Jenis Cat Besi yang Sering Digunakan pada Furniture

8 Jenis Cat Besi yang Sering Digunakan pada Furniture

Jenis cat besi yang digunakan pada furniture berbeda dengan industri alat berat apalagi besi pada konstruksi bangunan. Anda yang ingin mengecat furniture besi sendiri di rumah wajib mengetahui jenis-jenisnya. 

Termasuk juga kelebihan, kekurangan dan teknik aplikasi yang terbaik pada masing-masing cat. Apalagi mengingat cat untuk furniture besi di dalam dan luar ruangan juga berbeda sehingga Anda harus teliti lagi memilihnya. 

Simak bagaimana masing-masing cat bisa menjadi pilihan terbaik Anda dan menyesuaikannya dengan kebutuhan. 

Jenis cat besi untuk furniture 

cat untuk material kayu dan besi
Cat besi untuk beragam media

Furniture besi membutuhkan cat yang bisa melindungi material dari kelembaban, goresan karena penggunaan dan mempertahankan warna. Termasuk juga perlindungan dari sinar UV untuk furniture besi yang diletakkan di luar ruangan. 

Beberapa hal tersebut yang harus Anda perhatikan ketika memilih cat. Berikut ini jenis cat untuk furniture besi yang bisa Anda pertimbangkan:

1. Cat alkyd 

Jenis cat yang bisa digunakan untuk material besi maupun kayu dan sudah sejak lama diciptakan. Cat ini memiliki beberapa kelebihan untuk furniture seperti tahan goresan dan juga mampu mencegah munculnya karat. 

Hasil akhir yang didapatkan dari cat ini adalah tingkat kilap yang tinggi. Cara aplikasinya bisa menggunakan kuas atau alat semprot. Hanya saja untuk mendapatkan hasil lebih rapi alat semprot akan lebih disarankan. 

Kekurangan satu-satunya dari cat ini adalah tidak tahan terhadap panas sehingga tidak mampu melindungi furniture besi dari sinar UV. Oleh karena itu penggunaannya terbatas pada furniture indoor. 

2. Cat poliuretan 

Jenis cat besi yang lebih sering digunakan untuk furniture di luar ruangan. Alasannya karena cat ini memiliki daya perlindungan dari sinar UV lebih baik. Kelebihan lainnya adalah mampu melindungi dari korosi dan karat pada furniture. 

Cat poliuretan juga dapat diaplikasikan tanpa primer sehingga Anda bisa hemat finishing. Daya rekatnya pada permukaan besi cukup tinggi sehingga membuat cat mampu bertahan lebih lama. 

Cara aplikasinya adalah menggunakan alat semprot maupun kuas. Waktu keringnya sedikit lebih lama dibandingkan cat alkyd sehingga Anda perlu waktu khusus untuk finishing sendiri. 

3. Cat seng 

Dikenal juga sebagai zinc, cat seng dibuat dari serbuk zinc sebagai pigmen. Manfaat utamanya adalah untuk melindungi besi dari karat dengan memanfaatkan prinsip galvanisasi. 

Sangat cocok digunakan untuk furniture dalam atau luar ruangan karena mampu bertahan dari panas matahari. Pilihan warnanya cukup beragam sehingga mampu menghasilkan furniture yang menarik. 

Proses aplikasi terbaik bisa didapatkan dengan menggunakan alat semprot dan memberikan tampilan mengkilap. 

4. Cat tembaga 

Terkenal sebagai cat besi anti karat terbaik yang juga memiliki kesan dekoratif. Warna yang dihasilkan memiliki kilap seperti tembaga. Sangat tepat digunakan untuk furniture besi dengan kesan mewah dan klasik. 

Kebanyakan besi tempa atau baja berat yang diolah menjadi furniture menggunakan cat tembaga ini. Cara aplikasinya adalah menggunakan alat semprot dan selain memberikan kesan kilap tembaga tampilannya juga high gloss.

Perlindungannya juga baik untuk furniture luar ruangan seperti kursi taman atau satu set meja kursi teras. Kelebihan lainnya adalah cat ini memiliki daya tutup baik sehingga tidak perlu banyak menggunakan lapisan cat. 

5. Cat epoksi

Selain kerap digunakan pada furniture, cat ini juga banyak diaplikasikan pada konstruksi bangunan dari besi. Baik itu korosi atau perubahan cuaca mampu ditahan oleh cat epoksi. 

Daya rekat yang dihasilkan cukup kuat dengan tampilan warna yang cukup bervariasi. Cara aplikasi terbaik hanyalah menggunakan alat semprot saja. Kekurangan yang harus diperhatikan adalah cat ini menimbulkan bau saat aplikasi maupun proses pengeringan. 

Anda yang memilih cat ini sangat disarankan untuk menggunakan perlengkapan perlindungan diri seperti masker selama menggunakannya. 

6. Cat efek 

Jenis cat yang memiliki hasil tampilan dengan efek misalnya saja gradasi atau tekstur. Mengingat tujuan dari cat ini adalah hasil akhir dengan efek maka diperlukan cat dasar besi sebelum menggunakannya. 

Cat dasar besi berfungsi untuk memperkuat warna cat efek dan memudahkannya menempel. Bagi Anda yang ingin mengecat furniture besi lama dan memiliki tampilan baru maka cat ini bisa menjadi solusinya. 

Cara aplikasinya adalah menggunakan alat semprot untuk menciptakan tekstur atau warna gradasi yang rapi. Anda bisa menciptakan furniture dengan keunikan tersendiri memanfaatkan cat ini. 

7. Cat Aluminium 

Sesuai dengan namanya, cat aluminium memiliki kandungan alumunium lebih tinggi yang dibuat dengan campuran pernis minyak. Didesain agar tahan terhadap aliran listrik, korosi dan juga perubahan cuaca yang juga menjadi kelebihannya. 

Biasanya digunakan untuk furniture luar ruangan sehingga tidak mudah pudar warnanya atau mengelupas. Cat ini juga perlu diaplikasikan dengan alat semprot untuk mendapatkan hasil warna yang sempurna. 

8. Cat enamel 

perlindungan anti karat orchid enamel paint
Chat besi enamel Orchid

Cat enamel lebih banyak dipilih karena terkenal sebagai cat multipurpose dengan hasil tampilan glossy. Dapat digunakan untuk furniture dalam maupun luar ruangan karena perlindungan yang diberikan terhadap korosi, karat dan juga perubahan cuaca. 

Apabila Anda ingin mendapatkan cat yang bisa diaplikasikan dengan mudah maka cat enamel adalah pilihannya. Cat ini lebih sering dipilih oleh kalangan penghobi karena aplikasinya bisa menggunakan kuas saja. 

Saat ini ada dua macam pilihan cat enamel yaitu berpelarut air dan solvent seperti thinner. Cat enamel dengan pelarut thinner harus diaplikasikan pada saat cuaca panas agar cepat mengering. Bau yang dikeluarkan pun cenderung mengganggu selama aplikasi. 

Sedangkan cat enamel dengan pelarut air jauh lebih fleksibel karena hanya membutuhkan air sebagai bahan pencampurnya. Selain itu tidak menimbulkan bau baik saat aplikasi maupun ketika pengeringan. 

Apabila Anda ingin mendapatkan cat yang terbaik maka cat enamel dengan pelarut air sangat direkomendasikan. Salah satunya adalah cat Orchid enamel yang merupakan cat besi anti karat dengan perlindungan terbaik

Warna cat besi anti karat dari Orchid enamel juga sangat beragam sehingga Anda bisa menyesuaikannya kembali dengan desain furniture. Sebagai salah satu jenis cat besi terbaik, cat Orchid enamel dapat diaplikasikan oleh pemula sekalipun, jadi Anda tidak perlu ragu menggunakannya. 

Leave a Reply