You are currently viewing Tingkat Daya Elastisitas Cat Orchid, Rahasianya Tahan Lama!

Tingkat Daya Elastisitas Cat Orchid, Rahasianya Tahan Lama!

Anda sering menemukan cat mengelupas pada furniture besi atau kayu? Kualitas elastisitas cat yang buruk menjadi penyebabnya. Anda bisa mempercayakan tingkat daya elastisitas cat Orchid untuk mendapatkan hasil bebas mengelupas dan tahan lama. 

Sayangnya banyak yang tidak tahu bahwa elastisitas berdampak besar bagi ketahanan cat. Bagaimana cara Anda mengetahui cat memiliki elastisitas yang baik dan hal apa saja yang mempengaruhinya? Cek selengkapnya. 

Faktor yang mempengaruhi daya elastisitas cat

Aplikasi finishing cat besi
Aplikasi finishing cat besi

Cat akan membentuk lapisan film yang dalam penggunaannya sehari-hari harus mampu menahan berbagai gangguan. Baik itu dari goresan, cuaca yang ekstrim sampai menyesuaikan dimensi dari substrat. 

Penting bagi sebuah cat untuk menciptakan perlindungan dan elastisitas cat menjadi alasan utama kualitasnya meningkat. Cat akan memiliki elastisitas yang baik karena dipengaruhi oleh beberapa hal berikut:

1. Binder 

Binder merupakan bahan utama dalam pembuatan cat yang menjadi faktor viskoelastisitas. Semakin sintetis binder maka cat akan lebih halus hasilnya dan elastis. Hal inilah yang akan meningkatkan kualitas dari cat. 

2. Pigmen

Pigmen juga memberikan pengaruh yang besar terhadap elastisitas, hue, gloss hingga hasil yang flat dari cat. Untuk kandungan bahan ini harus memiliki rasio yang tepat dengan binder, jika gagal maka akan membuat cat tidak hanya kurang elastis namun tidak bertahan lama. 

3. Waktu kering 

Berapa lama dan bagaimana cara Anda mengeringkan cat pada saat diaplikasikan juga menentukan elastisitas cat. Penting untuk memperhatikan petunjuk penggunaan cat dan mengikutinya dengan seksama. Pastikan temperatur dan kondisi lainnya sesuai untuk proses pengeringan cat. 

4. Ketebalan cat 

Seberapa banyak lapisan cat yang Anda ciptakan akan mempengaruhi elastisitas. Tidak semua lapisan cat yang banyak memberikan elastisitas yang baik, justru bisa membuat cat mudah retak karena panas. Sekali lagi, Anda bisa mengikuti petunjuk penggunaan pada kaleng cat dan tahu berapa banyak lapisan yang sebaiknya digunakan. 

5. Adhesi dari cat 

Faktor ini juga tergantung dari formulasi cat. Ketika memiliki adhesi yang baik maka kebanyakan cat elastisitasnya baik. Adhesi yang bagus memastikan bahwa cat tidak akan mudah mengelupas meskipun terkena panas, dingin hingga goresan.  

Metode untuk mengetes daya elastisitas cat 

Pengetesan elastisitas cat selalu dilakukan oleh produsen sebelum dipasarkan. Anda sebagai penghobi tentu penasaran bukan seperti apa dan alat apa yang digunakan untuk mengetesnya? 

Berikut ini beberapa metode yang biasa dilakukan pabrikan cat untuk mengetes elastisitas cat:

1. Mandrel bend test

Tes yang dilakukan dengan alat khusus berbentuk spindel yang tujuannya adalah mengecek elastisitas cat terhadap retakan. Pada metode ini cat yang sudah diaplikasikan pada substrat akan dimasukkan ke dalam mesin. 

Cat pada substrat akan meregang baik secara vertikal dan horizontal. Sejauh mana cat bisa meregang dengan baik akan menunjukkan elastisitas cat. Tentu saja semakin besar regangan yang dihasilkan kualitasnya bagus. 

2. Impact resistance test

Metode tes ini bertujuan untuk mengecek kekerasan cat atau kemampuan cat dalam menahan goresan atau tekanan. Mesin yang digunakan akan memberikan tekanan yang sangat kuat pada cat di permukaan substrat. 

Sejauh mana cat akan menciptakan goresan dengan tekanan tertentu akan menghasilkan elastisitas yang baik. Baik tekanan dan juga kerusakan yang ditimbulkan akan menjadi tolak ukurnya. 

3. Cupping test

Tes ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana cat dapat memanjang dan mengalami kerusakan. Diperlukan juga alat khusus yang bekerja untuk memberikan kerusakan pada permukaan cat pada sebuah substrat. 

Semua tes ini tidak hanya berlaku untuk cat enamel namun semua jenis coating. Termasuk juga pernis yang hanya diaplikasikan pada kayu. Ada juga cat enamel yang diaplikasikan pada lempengan besi untuk dites. 

Sangat sulit untuk mengetes elastisitas cat sendiri di rumah karena tentunya ada keterbatasan alat. Anda hanya perlu percaya pada produsen cat yang telah melakukan uji coba sebelumnya di pabrik. 

Jika Anda ingin mengetes maka cara terbaik adalah mengaplikasikannya langsung pada substrat dan melihat dampak kerusakan setelah penggunaan. Namun, tentu saja langkah ini membutuhkan waktu yang cukup lama. 

Tips menghasilkan cat dengan elastisitas yang baik 

Demi mendapatkan hasil cat yang elastisitasnya baik Anda bisa mendapatkan referensi dari kerabat yang mungkin saja pernah mengetesnya sendiri. Cara lain adalah dengan membeli cat berkualitas baik seperti cat Orchid enamel yang multipurpose

Perlu diperhatikan juga bagaimana cara Anda mengaplikasikan cat, karena cara ini akan berpengaruh pada hasil. Berikut ini tips yang bisa Anda perhatikan ketika menggunakan cat:

1. Memastikan jumlah bahan pelarut tepat 

Cat akan lebih mudah diaplikasikan setelah dicampurkan dengan bahan pelarutnya. Pastikan bahwa Anda memilih jenis bahan pelarut sesuai dengan anjuran dari pabrikan. Selain itu jumlah atau perbandingan antara cat dan bahan pelarut harus tepat. 

Misalnya jika anjurannya adalah 2:1 maka Anda harus menggunakan 2 cup cat dan 1 cup air. Begitu juga perbandingan 3:1 atau 4:1 sesuai anjuran. Ketika cat terlalu encer atau kental maka akan sulit untuk diaplikasikan. 

Tidak hanya itu, hasilnya elastisitas akan berkurang. Apabila terlalu encer maka cat akan mudah retak begitu juga saat terlalu kental cat akan terlalu keras yang mudah retak pula. 

2. Memastikan cat kering benar sebelum aplikasi ulang 

Perlu dua sampai tiga kali lapisan agar cat menutup permukaan substrat secara sempurna. Jumlah lapisan ini juga harus mengikuti saran dari pabrikan. Pastikan juga Anda mengaplikasikan ulang di atas permukaan cat yang kering sempurna. 

Cat yang masih setengah basah atau belum kering akan rusak dan elastisitasnya pun terganggu. Selain itu permukaan cat juga tidak akan rapi karena rusak. Anda bisa membaca pada saran penggunaan di kaleng cat berapa lama cat akan mengering. 

3. Cara menjemur yang benar 

Setiap cat memiliki proses penjemuran yang berbeda-beda. Ada cat yang harus dijemur di bawah sinar matahari langsung, ada pula yang tidak boleh. Ikuti anjuran pengeringan yang benar agar cat bisa mengeras dengan baik sehingga elastisitasnya sempurna. 

Contohnya pada cat Orchid enamel Anda tidak boleh menjemurnya di bawah sinar matahari langsung. Cukup dengan mengangin-anginkannya saja maka dalam waktu 60 menit cat akan memiliki kering sentuh yang baik. 

4. Memastikan substrat bersih sebelum aplikasi 

Ini yang paling penting, Anda harus membersihkan dengan benar permukaan kayu atau besi sebelum mengaplikasikan cat. Semua jenis kotoran baik itu debu, air, minyak atau lainnya bisa menjadi penghambat cat menempel pada substrat. 

Anda bisa membersihkannya dengan cara mengamplas, mengelap bahkan mencucinya dengan sabun. Sebelum aplikasi permukaan harus dikeringkan pula terlebih dahulu. 

Keunggulan dari tingkat daya elastisitas cat Orchid

Cat Orchid enamel yang telah melewati uji coba kualitas di pabrik mampu memberikan elastisitas yang baik pada substrat kayu atau besi. Hal ini merupakan rahasia terbaik yang dimiliki cat Orchid enamel untuk memenuhi kebutuhan Anda. 

Berkat tingkat elastisitasnya yang baik maka beberapa keunggulan berikut bisa Anda dapatkan:

1. Tahan terhadap goresan 

Cat Orchid memiliki kemampuan yang baik dalam mengatasi goresan. Biasanya kursi, meja, atau furniture lain akan sering tergores ketika digunakan, dilap bahkan dipindahkan. 

Goresan ini akan membuat penampilan furniture menjadi kurang menarik dan tampak kusam. Namun, jika Anda menggunakan cat Orchid daya tahan terhadap goresan akan didapatkan. Furniture akan memiliki penampilan indah hingga bertahun-tahun. 

2. Tahan perubahan cuaca 

Memiliki daya tahan yang baik terhadap perubahan cuaca, membuat cat Orchid enamel tak hanya bagus untuk furniture dalam ruangan namun juga luar ruangan. Cat tidak mudah retak meskipun cuaca berubah. 

Dampaknya tentu saja akan mencegah kelembaban atau air rembes dan memudahkan jamur atau mikroba lain untuk berkembang. Furniture akan memiliki penampilan dan kekuatannya yang prima. 

3. Warna yang tajam dan tahan lama 

Bukan hanya lapisan coating, namun warna juga bertahan lebih lama. Pigmen yang menjadi salah satu faktor yang menentukan elastisitas cat. Berkat pigmen juga warna cat akan lebih tajam sekaligus tahan lama. 

Anda tidak perlu khawatir dengan warna yang memudar akibat sinar UV atau perubahan cuaca. Hal ini jugalah yang menjadi rahasia terbaik dari cat Orchid enamel.

Banyak keunggulan yang diberikan karena tingkat daya elastisitas cat Orchid yang baik. Anda yang ingin tampilan furniture kayu atau besi tahan lama dan kuat bisa memilih cat Orchid enamel.

Leave a Reply