You are currently viewing Jenis dan Standar Kualitas Cat Besi Terbaik untuk Furniture Indoor Sekaligus Outdoor

Jenis dan Standar Kualitas Cat Besi Terbaik untuk Furniture Indoor Sekaligus Outdoor

Sering menemukan karat pada furniture padahal baru saja dicat? Artinya Anda belum mendapatkan kualitas cat besi terbaik. Cat besi seharusnya memberikan proteksi pada besi dari korosi sekaligus memberikan penampilan yang bagus. 

Demi mendapatkan perlindungan dan hasil terbaik seringkali pengguna harus berhati-hati dalam memilih cat. Seperti apakah kualitas yang terbaik dan bagaimana cara Anda bisa mengamati ciri-cirinya? Cek informasi selengkapnya hingga akhir. 

Mengenal jenis cat besi yang ada di pasaran 

Sebelum Anda memilih, sebaiknya kenali dulu apa saja cat besi yang tersedia di pasaran saat ini. Anda memiliki begitu banyak pilihan yang nantinya akan digunakan. 

1. Cat alkyd 

Salah satu jenis cat yang hanya menghasilkan tampilan kilap yang sangat tinggi. Tidak hanya besi, biasanya cat alkyd juga dapat digunakan pada material kayu. Termasuk jenis cat yang tertua dan berbasis minyak. 

Sampai saat ini cat alkyd lebih sering digunakan pada furniture outdoor dan memiliki ketahanan yang tinggi terhadap air. Warnanya pun tergolong tahan lama. 

2. Cat epoxy 

Dibuat dari resin epoxy, cat ini memiliki kelebihan dari segi ketahanannya terhadap air. Sama-sama menggunakan bahan minyak sebagai pelarutnya dan kerap juga diaplikasikan sebagai cat dasar besi. 

Karakteristik penetrasinya cukup baik sehingga mampu memperkuat struktur besi dan menjaganya tetap kokoh bebas dari korosi. Cat epoxy juga lebih sering digunakan untuk furniture outdoor

3. Cat akrilik 

Cat yang diciptakan menggunakan resin akrilik dan termasuk serbaguna. Pasalnya cat ini tidak hanya bisa diaplikasikan pada besi namun juga kayu. Bedanya cat akrilik menggunakan bahan pelarut air yang jauh lebih aman. 

Pada tahapan aplikasinya yang perlu diperhatikan adalah penggunaan primer yang akan memperkuat coating. Anda juga harus memilih jenis primer berpelarut sama yaitu air supaya jauh lebih kuat dan tahan lama. 

4. Cat aluminium 

Sesuai dengan namanya, cat ini diciptakan secara khusus untuk aplikasi pada aluminium. Apabila Anda ingin mengecat aluminium pastikan untuk membeli cat besi ini. Karakteristiknya adalah memberikan tampilan dari semi gloss hingga high gloss.

Selain itu cat aluminium juga membutuhkan cat primer besi sama seperti cat akrilik. Oleh karena itu selama aplikasinya Anda harus memastikan cat primer terpenuhi lapisannya.

5. Cat polyurethane 

Salah satu jenis cat yang diandalkan untuk furniture outdoor dan juga berbagai struktur rumah. Daya tahannya yang paling bagus di antara semua jenis cat besi dan hanya memberikan tampilan kilap tinggi. 

Ketahanannya terhadap sinar UV sangat baik sehingga mampu melindungi besi dalam waktu yang lama. Soal korosi Anda tidak perlu khawatir lagi dengan perlindungan dari cat poliuretan. 

Cara menemukan kualitas cat besi terbaik untuk furniture 

Banyak orang kesulitan untuk menemukan cat besi yang tepat. Ada yang mengeluhkan tampilan cat yang dihasilkan terlalu mengkilap. Ada pula yang mendapatkan cat tidak memiliki perlindungan baik pada furniture outdoor

Semoga Sobat Bio tidak mengalami hal serupa. Cukup dengan beberapa cara berikut Anda bisa mendapatkan kualitas cat besi terbaik dan tepat. 

1. Pemilihan warna dan hasil akhir 

Cara paling mudah dimulai dengan menentukan warna dan hasil akhir yang Anda inginkan. Estetika dari furniture perlu menjadi pertimbangan utamanya. Warna bisa dipilih sesuai dengan jenis gaya atau desain yang digunakan. 

Hasil akhir baik itu gloss atau matte kemudian menjadi pilihan selanjutnya. Keduanya bisa dipilih juga sesuai dengan tampilan yang muncul ketika furniture terkena cahaya. Apakah warna bisa menunjukkan kesan elegan, mewah atau justru sederhana. 

3. Mengecek ketahanan yang diberikan 

Penting memperhatikan ketahanan yang dapat diberikan oleh cat. Terutama untuk furniture yang digunakan pada area luar ruangan seperti taman atau teras. Kualitas ketahanan cat yang dibutuhkan antara lain tahan air, jamur, karat, dan sinar UV. 

Perlindungan terbaik yang diberikan dari coating akan menjaga kualitas furniture menjadi tahan lama. Tampilannya pun bisa bertahan bahkan hingga bertahun-tahun meskipun sering terkena panas atau perubahan cuaca. 

4. Tingkat kesulitan perawatan 

Jangan lupakan juga soal bagaimana perawatan cat setelah diaplikasikan. Beberapa produsen cat menganjurkan penggunanya untuk merawat seperti memoles setiap sebulan sekali. Namun, ada pula yang tidak perlu perawatan rutin sejenis. 

Anda bisa menyesuaikan seperti apa perawatan yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan. Apabila Anda memiliki waktu luang maka tidak masalah untuk memilih cat yang membutuhkan perawatan lebih rutin. 

Biasanya cat yang dirawat dengan lebih baik seperti memoles akan memiliki ketahanan yang lebih baik. Warna dari cat pun akan bertahan lebih lama dan tampak selalu baru. 

5. Fitur tambahan yang membuatnya istimewa 

Tidak ada salahnya untuk membandingkan mana cat besi dengan fitur-fitur tambahan yang menarik. Contohnya saja cat besi memiliki penawaran bahan anti jamur dan anti karat sehingga membuatnya tahan lama. 

Begitu juga dengan fitur anti sagging yang menjadikan hasil akhir dan proses aplikasi menjadi lebih mudah. Teliti kembali soal fitur ini dan bagaimana respon dari pengguna lain. 

Selama fitur yang ditawarkan sangat Anda butuhkan maka tidak masalah untuk membelinya. Perlu diingat semakin banyak fitur maka harga cat besi pun akan lebih mahal. 

6. Jenis bahan pelarut yang digunakan 

Perhatikan juga dengan jenis bahan pelarut yang dibutuhkan untuk memudahkan aplikasi. Bahan pelarut memberikan dampak besar pada biaya maupun kesehatan Anda sebagai aplikator. 

Contoh, Anda yang menggunakan cat dengan bahan pelarut air akan diuntungkan karena bebas bau saat aplikasi dan cepat kering. Harga cat pelarut air memang lebih mahal namun dengan segala fitur yang ditawarkan Anda akan lebih untung. 

Kunci aplikasi cat besi anti karat yang tepat 

Bukan hanya mempertimbangkan jenis cat besi yang berkualitas. Usai Anda mendapatkan cat berkualitas maka tahapan selanjutnya ada pada proses aplikasi. Jika aplikasi yang dilakukan kurang tepat maka hasilnya pun tidak akan sempurna. 

Ada beberapa kunci penting yang harus diperhatikan ketika Anda menggunakan cat besi anti karat seperti:

1. Menggunakan primer yang sesuai 

Berdasarkan dengan jenis cat, primer untuk besi pun bisa berbeda-beda. Layaknya bahan pelarut, Anda bisa menggunakan cat primer yang sesuai. Misalnya untuk cat aluminium Anda bisa menggunakan primer dari bahan akrilik atau yang sejenis. 

Menggunakan primer yang tidak tepat hanya akan membuat cat besi tidak menempel dengan benar. Hasilnya cat akan mudah mengelupas bahkan ada pula yang tidak mengering dengan benar. 

2. Besi harus bebas dari kotoran 

Di awal pengecatan Anda juga harus memastikan bahwa cat terbebas dari segala jenis kotoran. Tidak boleh ada debu atau kotoran lengket yang melekat. Demi bisa menghilangkan kotoran Anda bisa mengamplas bahkan mencuci besi terlebih dahulu dan mengeringkannya. 

Segala macam kotoran bukan hanya mengganggu cat untuk menempel namun juga menimbulkan tekstur yang kasar. Anda yang mendambakan hasil finishing halus lebih baik untuk membersihkan besi terlebih dahulu. 

3. Hindari mengecat di bawah sinar matahari langsung 

Pernah dengar bahwa mengecat di bawah sinar matahari langsung akan membuat cat cepat kering? Hal tersebut tidak berlaku pada material besi lho. Justru Anda tidak dianjurkan untuk mengecat dalam kondisi tersebut. 

Besi memiliki sifat konduktor panas yang sangat baik, oleh karena itu mengecat di cuaca panas apalagi di bawah sinar matahari langsung akan mengganggu adhesi. Kebanyakan cat akan muncul bubble bahkan peeling

4. Selalu hilangkan karat dan bekasnya 

Sama seperti kotoran, karat harus segera dibersihkan sebelum Anda mulai mengecat. Anda yang ingin mengerjakan proyek restorasi furniture besi lama harus memperhatikan karat dengan seksama. 

Hilangkan menggunakan rendaman cuka atau memanfaatkan bahan penghilang karat khusus. Karat akan menimbulkan tekstur pada hasil pengecatan, selain itu risiko karat semakin banyak pun sangat tinggi. 

Tidak dapat dipungkiri bahwa menggunakan cat besi berkualitas terbaik menjadi kunci utama pula dalam mendapatkan furniture indoor outdoor bertahan lama. Anda yang ingin mencari cat terbaik bisa mengandalkan cat Orchid enamel yang multipurpose. 

Cari cat waterbased yang terjamin berkualitas?

Cat dengan bahan pelarut air ini sangat mudah diaplikasikan yaitu menggunakan kuas atau alat semprot. Kandungannya pun lengkap dengan formula khusus anti karat, jamur hingga mikroba yang merusak besi. 

Kualitas cat besi terbaik akan langsung Anda dapatkan di cat Orchid enamel. Pastikan untuk menggunakannya untuk proyek furniture besi Anda di rumah, ya!

Konsultasi pewarna cat solid

Leave a Reply